Pengen Blog Kamu Menghasilkan Uang? Intip Caranya di Buku “Blogging: Having Fun and Get the Money” [Book Review]

by - Mei 12, 2016



Assalamualaikum, ...

Kali ini saya mau berbagi tentang salah satu buku nge-blog yang, menurut saya, wajib kita koleksi.

Saat mulai serius nge-blog, saya akhirnya paham, bahwa ada banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang blogger profesional. Seperti bagaimana mendapatkan kepercayaan dan cara menempatkan blog di halaman pertama mesin pencari, mendatangkan pengunjung sampai trik mempercantik blog agar pengungunjung betah dan bersedia balik lagi.

Ya, semua tutorial itu memang bisa kita cari di situs-situs blogging baik dalam dan luar negeri. Tapi percaya deh, mengurutkannya dalam folder bookmark bukanlah hal yang mudah. Belum lagi kalo disana ada halaman-halaman bookmark lain.

Belum tentu juga kita ingat apakah sudah pernah menyimpan tutorial atau trik-trik yang kita butuhkan di folder bookmark kita.

Karena itu, waktu lihat buku di time line mbak Carolina saya langsung meluncur ke toko buku online Stiletto.

Apa sih, isi buku “Blogging: Having Fun and Get the Money”?


Jujur, saat niat membeli buku ini saya cuma pengen satu, mempercantik tampilan blog. Mbak Carolina itu sudah terkenal dengan kemampuan desainnya, pengalaman Beliau di dunia blogging juga sudah banyak. Dengan kata lain, saya pengen curi ilmunya mbak Carolina via buku ini.

Tapi .... sayang, ternyata saya salah. Buku mbak Carolina tidak membahas sedikitpun cara membuat widget bergambar, bagaimana meletakkan header di tengah, atau trik-trik mempercantik blog lainnya.

Lalu apa saya kecewa? Jelas enggak, karena saya malah disuguhi dengan hal yang lebih menarik. Mau tahu apa? Cek list berikut ini:

1. Langkah pertama saat kamu mulai ngeblog


Tujuan mula blog ada memang sebagai salah satu sarana mencatat keseharian secara online. Tapi kamu tentu tahu juga kan, bahwa mitos ini sudah so yesterday. Sudah hal yang umum kita dengar kalo blog sekarang juga bisa sebagai sarana untuk menambah penghasilan, nggak sekedar curhat aja.

Nah, untuk memenuhi kriteria itu, tentu ada hal-hal yang harus kamu lakukan dong. Misalnya tulisan harus sesuatu yang bermanfaat, bebas plagiasi, enak dibaca, bagaimana tulisan kamu mudah ditemukan dan dibaca banyak orang, dan masih banyak lagi kriteria agar blog kamu layak untuk di monetize.

Di buku “Blogging: Having Fun and Get the Money” kamu akan dibimbing mulai dari menentukan niche blog kamu, bagaimana menentukan platform blog yang tepat agar mudah masuk ke mesin pencari, hingga trik-trik SEO seperti mencari keyword, cara meletakkan keyword, permalink, longtail keyword dan lain sebagainya (Bab2, hal. 69)

2. What do’s and dont’s saat mempercantik blog


Iya itu memang blog kamu, mau kamu buat nge-jreng dengan penuh warna pelangi ya terserah kamu.

Tapi kalo kamu pengen menghasilakn uang dari blog, kamu juga harus ikut aturan tak tertulis lainnya. Misal aturan tentang blog kamu musti bisa loading cepet.

Nah, untuk memenuhi aturan ini kamu perlu menghilangkan (atau malah menambahkan) widget tertentu pada blog kamu, atau memilih template yang lebih SEO friendly misalnya (bab 2, hal. 58).

Bagaimana memilihnya, apa saja widget yang harus dihilangkan atau yang wajib ada di blog, semua dijelaskan di buku “Blogging: Having Fun and Get the Money”

3. Teknik dasar nge-blog


Blogging is Writing (Bab 3, buku “Blogging: Having Fun and Get the Money”)

Ya, nge-blog itu sebetulnya tentang menulis kan? Meski kamu lebih suka post video di blog kamu, tetep, kamu musti terampil nulis agar orang mau klik dan lihat video kamu bukan?

Di buku ini dibahas tentang prinsip dasar menulis, bagaimana mencari ide tulisan, hingga cara memelihara semangar nge-blog.

Apakah hal yang terakhir itu penting? Oh iya banget prens. Apa pun tujuan kamu nge-blog, kalo semangat kamu hilang, semua usaha yang kamu lakukan akan sia-sia. Nge-blog itu seperti membangun rumah, yang harus selalu kamu pelihara, dan semangat nge-blog kamu itu adalah salah satu energinya.

4. Trik dapetin job review


Aih, siapa yang nggak pengen tahu trik yang satu ini.

Jujur saja, ngomongin job review tu nggak cuma masalah uang, ada banyak manfaat lain disana. Karena itulah banyak banget yang mupeng dengan salah satu manfaat nge-blog ini.

Di buku “Blogging: Having Fun and Get the Money”, kamu akan tahu, apa saja yang “peranti perang” yang harus kamu siapkan untuk menembus dunia persilatan job review.

Cara menentukan ratecard, faktor yang mempengaruhi (termasuk cara meraihnya), cara membaca statistik, hingga bagaimana cara kamu mempromosikan blog kamu agar dilirik para pemilik brand (Bab 4, Hal. 116).

5. Pengalaman para senior Headhunters dan Job Reviewers


Kalo pengen dapetin job review, wajib dong ngulik-ngulik syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh para blogger.

Isnuansa Maharani, Aldy Terren, mbak Indah Julianti semua buka-bukaan tentang kriteria blogger yang mereka cari, berapa tarifnya, sampai trik mereka untuk blogger-blogger yang sedang berusaha mendapatkan job review.

Oya, sering dengar kan kata pepatah, kalo pengalaman itu guru yang terbaik? Mbak Carolina juga melengkapi buku “Blogging: Having Fun and Get the Money” dengan pengalaman para Job Reviewers.

Ada mak Winda Krisnadefa, mbak Eka Situmorang, dan mbak Istiarina Putri. Mereka semua blak-blakan disini. Dan belajar dari pengalaman mereka, saya akhirnya juga tahu apa sih, apa saja hal paling penting untuk dapetin job review (kamu penasaran juga kan? Makanya baca bukunya he he he).

6. Ngulik lebih jauh Google Adsense dan cara monetize blog lainnya


This is another blogging issue that all blogger love, ...

Yah, siapa juga yang nggak mupeng lihat temen upload gaji mereka dari Google. Si embah yang satu ini memang sangat sulit untuk dijinakkan. Peraturan mereka seabrek.

Sayangnya, meski pengen blog kita di approve Google, umumnya, kita males banget baca aturan-aturan itu, bener atau betul?

Nah, mbak Carolina menjelaskan dengan ringkas disini, trik-trik dasar agar blog kita diterima sebagai salah satu advertiser dari Google.

Kita juga bisa me-monetize blog dengan cara mengikuti program afiliasi. Ada beberapa situs online yang mbak Carra (panggilan mbak Carolina) list dalam buku ini. Beliau juga membahas bagaimana agar aplikasi afiliasi kita disetujui, dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Itulah ... 6 bab penting yang ada dalam buku “Blogging: Having Fun and Get the Money”. Bagi saya pribadi, buku ini bener-bener sangat bermanfaat. Trik yang diberikan mbak Carra telah membuat aplikasi saya di approve oleh Google Adsense dan Involve Asia.

Jadi, kalo kamu sedang punya niat untuk me-monetize blog kamu, wajib tu mengkoleksi buku ini. Jangan kawatir dengan bahasanya, enak dan mudah dipahami kok. Dan yang pasti do-able (serasa nge-subtitle drakor deh), alias bisa dilakukan semua he he he.

Udah dulu ya, sampai jumpa di artikel blogging berikutnya ya, Wassalamualaikum....

You May Also Like

5 komentar

  1. Kadang ingin beli buku buku tentang cara menghasilkan uang dari blogging tapi belum sempet beli malah sudah mulai bisa menghasilkan padahal belajarnya dari google.Intinya sih banyak mencoba pada waktunya nanti uang akan datang melaui blog

    BalasHapus
  2. Makasih sudah membaca bukunya.
    Makasih sudah menuliskan reviewnya.
    Makasih sudah ikutan lombanya.

    Semoga makin semangat ngeblognya ya, Mbak :)

    BalasHapus
  3. Soal program afiliasi itu masih penasaran apa bener bisa hasilkan uang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbakyu. Kemarin dapat triknya di dari pak Andre Gustam dari Involve Asia

      Hapus
    2. affiliasi lazada..blibli..bhinneka..lumayan persennya...atau mau gampang affiliasi cari lead doang..

      salam
      Bang Elmu

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner, semoga Anda menemukan artikel yang Anda butuhkan.
Per tanggal 21 Oktober, Anda dapat menggunakan akun Facebook untuk berkomentar. Silahkan tinggalkan pertanyaan, atau komentar sesuai post yang Anda baca.