blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Sebagian anggota Fun Blogging Community di acara Fun Blogging Kesebelas di Blibli Sebuah komunitas umumnya dibentuk karena “rasa yang d...

5 Alasan Pentingnya Komunitas untuk Seorang Blogger

Sebagian anggota Fun Blogging Community
di acara Fun Blogging Kesebelas di Blibli

Sebuah komunitas umumnya dibentuk karena “rasa yang dan tujuan yang sama” para anggotanya (mirip koperasi ya?). Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin berkomunitas. Salah satunya dalah sifat dasar manusia, yang memang cenderung pada sesuatu yang sama dengan dirinya.

Nah, bagaimana dengan blogger, apakah ada manfaat bergbung dalam komunitas?

5 Manfaat komunitas untuk seorang blogger

Bagi saya, komunitas sangat penting bagi seseorang blogger. Beberapa manfaat yang saya peroleh adalah:

1. Sumber informasi

Komunitas itu jelas penting untuk seorang blogger. Karena dari komunitaslah biasanya info-info penting berasal. Mulai dari info job, trik and tip, pelatihan untuk upgrade diri, termasuk juga undangan event-event tertentu; salah satu sarana untuk membangun networking baru.

2. Sumber ide

Dalam komunitas, kadang ada saja anggotanya yang memiliki ide, atau hal-hal yang bisa mengasah ketajaman tulisan seorang blogger. Tantangan One Day One Post dari Fun Blogging Community ini, contohnya.

Coba perhatikan blog ini, baru bulan ini saja kan isinya update. Bagi saya, tanpa disadari, tantangan ODOP membuat saya terus kreatif, untuk menjawab setiap tantangan tema setiap hari.

3. Sumber kritik yang membangun

Dalam salah satu komunitas, tentu saja ada yang lebih senior, punya pengalaman lebih dibandingkan kita. Dan biasanya merekalah yang bisa kita mintai pendapat untuk hasil karya kita.

4. Sarana promosi

Salah satu hal sunnah muakad untuk seorang blogger adalah blog walking. Untuk mempermudah, bisanya para anggotanya dipersilahkan untuk membagikan tulisan terbaru mereka dalam grup.

Nah, disinilah seorang blogger bisa berpromosi di dalamnya.

Tidak jarang lho komunitas blogger itu juga berisi para job head hunter. Siapa tahu, tulisan kita ternyata cocok dengan kriteria yang dicari oleh para job head hunter itu kan?

5. Sarana sosialisasi

Kalau ditanya lebih jauh, kenapa milih masuk grup ini tapi menolak untuk masuk grup itu? Jawabannya kurang lebih “aku lebih cocok aja disana”

Ya gitu deh, komunitas memang tempat untuk berbagi kebahagiaan, cerita, ngobrol atau apa saja yang memang dipahami dan disukai oleh para anggotanya.

Jelas nggak mungkin kamu cerita tentang serunya travelling, seperti trik hunting hotel murah, trik backpackeran ditengah-tengah komunitas alumni SMA atau grup parenting bukan? Belum tentu topik kamu nyambung dengan topik mereka.

Nah jadi, kalau kamu blogger, dan masih kekeuh sorangan wae, hayuk atuh, gabung dengan beberapa komunitas Blogger. Siapa tahu dari sanalah rejeki kamu berasal.

See you at another Bloggers’ Article

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner. Karena banyaknya komentar spam, untuk sementara waktu, komentar hanya terbuka untuk anggota blog saja, ya.
Pertanyaan atau diskusi terkait artikel silahkan hubungi rahayupawitri@gmail.com. Terima kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.