blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Suatu siang di sebuah event...  Saya sedang sibuk mengatur duduk Hana. Tangan kanan dan kiri saya penuh dengan minuman dan makanan unt...

5 Persiapan Sebelum Datang ke Event Blogger



Suatu siang di sebuah event... 

Saya sedang sibuk mengatur duduk Hana. Tangan kanan dan kiri saya penuh dengan minuman dan makanan untuknya. Usai Hana sudah mulai menikmati hidangan hari itu, saya beranjak hendak ke ruang prasmanan ketika melihat sekelompok kawan blogger mengerumui salah satu pembicara.

Saya berpikir mereka adalah kawan-kawan blogger dari komunitas BRID, Blogger Reporter Indonesia. Kebetulan saya mengenal salah satu dari kawan yang berada disana. Iseng, beberapa hari seusai acara saya mampir di blog-nya. Masya Allah reportasenya, komplit. Bahkan ada beberapa post yang berkaitan dengan acara tersebut. Wow!

Suatu siang di acara ulang tahun Emak Blogger

Pembiacara mulai maju ke depan, dan beberapa kawan mulai meletakkan gawai mereka di meja depan saya. Awal mula saya bingung, apa yang sedang mereka lakukan. Karena tidak ada kabel yang terpasang untuk tambah daya, juga tidak ada aplikasi yang terihat terbuka. Pokoknya hanya diletakkan begitu saja.

Beberapa saat saya akhirnya tahu, mereka sedang berusaha merekam apa yang pembicara katakan.

Wah ... !

Lihatlah kawan, betapa seriusnya mereka setiap datang ke sebuah event atau acara. Inilah salah satu alasan saya pengen datang ke sebuah event. Karena disana saya pasti akan menemukan hal baru, ilmu baru, disamping tentu saja, tali silahturahmi yang baru.

Pelan-pelan saya mulai meniru apa yang mereka lakukan. Jadi sebelum datang ke event atau undangan blogger, saya melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Kenali pengundang kita

Orang bilang tak kenal maka tak sayang. Agar tidak terlalu gagap pada saat sedang hadir di event, biasanya saya sudah cari tahu dulu tentang siapa si pengundang, apa misi mereka, termasuk baca-baca news terbaru yang ada disitusnya. Dari situ biasanya saya sudah punya gambaran kira-kira nanti laporannya seperti apa.

2. Pahami/ catat apa saja yang musti dilakukan saat event berlangsung

Sebetulnya si, nggak semua pengundang memberi detil acara. Tapi ada juga yang menyebutkan nanti ada live tweet, instagram contest, and so on. So it will be better if we prepare ourself to do so right?

Oya, kadang ada juga penyelenggara yang hanya ingin kita datang, tanpa menuntut embel-embel laporan, live tweet, upload event di Instagram dan lain sebagainya. Tapi menurut saran teh Ani berta, akan lebih baik bila kita tetap kabarkan acara yang sedang berlangsung.

Bagaimanapun pengundang itu kan sebetulnya pengen mengabarkan kepada “dunia” to kalau mereka sedang punya gawe?

3. Siapkan peralatan

Seperti yang saya sebutkan di point 2, jika memang sudah disebutkan kegiatan pada acara ya, sebisa mungkin menyiapkan perlengkapan sebisa saya. Kamera full batery, siapain charger, isi kuota inet dan lain sebagainya. Jadi nanti bisa berpartisipasi maksimal saat event berlangsung (meski untuk Instagram Contest, saya belum pernah bisa memenuhinya, hiks).

4. Ketahui rute

Buat saya ini penting banget agar bisa datang tepat waktu pada saat acara. Kalau nyasar kan nggak enak juga. Apalagi kadang saya pergi bawa Hana, kasihan kan dia kalau sampe di bawa nyasar kemana-mana.

5. Sebisa mungkin selesaikan urusan di rumah

Kalau ini mungkin hanya kewajiban para emak seperti saya ya? Kalau buat saya penting banget beresin rumah sebelum pergi. Jadi ninggalin rumah pun tenang, pas pulang nggak capek juga kan harus bersih-bersih rumah segala.

Itulah 5 persiapan saya sebelum datang ke sebuah event. Kamu sendiri gimana? Punya tips spesial sebelum datang ke sebuah event?

1 komentar:

  1. Iya ya Mbak...jangan lupa kewajiban selesaikan dulu di rumah. Hmmm, jadi ketimpuk saya Mbak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner. Karena banyaknya komentar spam, untuk sementara waktu, komentar hanya terbuka untuk anggota blog saja, ya.
Pertanyaan atau diskusi terkait artikel silahkan hubungi rahayupawitri@gmail.com. Terima kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.