blog tentang tips dan trik ngeblog untuk pemula, gadget, dan review aplikasi

Pagi ini, mumpung hari Sabtu, iseng saya menjelajahi beranda Google Plus. Ada sebuah post berbagi dari tahun lalu yang ada disana; post ...

The Iceberg Dibalik Aktivitas Nge-blog



Pagi ini, mumpung hari Sabtu, iseng saya menjelajahi beranda Google Plus. Ada sebuah post berbagi dari tahun lalu yang ada disana; post tentang cara mendapatkan uang dari blog. Ketika saya klik, ternyata artikelnya berisi iklan jualan CD how to make money from blog.

Salah? Ya, jelas enggak. Yang salah adalah judulnya, "Cara cepat dan mudah mendapatkan uang dari nge-blog". Terus terang saya tidak setuju dengan pendapat ini, there are no the easiest way to get money on this world. Cuma satu cara mudah dapat duit di dunia ini: nyadong ke orangtua. Itu juga kalau si ortu lagi ada duit he he he.

The iceberg you don't know about blogging


Sub headingnya enggak banget ya, nggak SEO banget. Ya, sudahlah, post ini memang bukan post SEO, tapi lebih tepatnya post curhat. Oke, lanjut ya ...

Kenapa saya bilang iceberg atau gunung es? Kehidupan blogger tu emang sepintas enak, jalan-jalan, dandan cantik dateng ke event, nulis, trus dapat duit. Atau ketak-ketik di rumah, trus tawaran job, iklan, atau placement artikel datang.

Padahal ada usaha di balik itu semua.

Setiap menit, ada 5 juta informasi yang diupdate di seluruh jagad raya ini. Itulah mengapa, jika ingin blog yang dimiliki berada diurutan pertama mesin pencari, maka blogger harus mampu bersaing diantara 5 juta informasi.

Belum lagi mengusahakan agar artikelnya mendapat view yang layak. Share sana-sini, blogwalking. Bikin guest post, untuk agar dapat trusted link dan masih banyak lagi.

Masih ditambah dengan ngrancng konten, termasuk infografis atau feature image yang layak untuk dipajang. For your information nggak semua blogger suka pakai foto asal comot, ada yang lebih suka mengusahakan foto mereka sendiri. Itu artinya, tambah satu kerjaan lagi.

Itu baru pekerjaan yang kasat mata, kelihatan ngerjain ini-itu, masih ada satu tugas yang nggak semua blogger bisa jalani, komitmen dan konsistensi.

Seperti yang pernah saya tulis di artikel "Tips Kerja dari Rumah" mempertahankan konsistensi dan komitmen untuk terus ngeblog setiap hari, itu nggak gampang. Apalagi kalau blog yang sedang digadang-gadang belum bisa mencapai hasil seperti yang diharapkan.

So, jangan mudah percaya jika ada yang bilang ada cara gampang dapat duit dari nge-blog. Selalu ada kerja keras, komitmen, dan konsistensi yang harus dilakukan disetiap pekerjaan. Apalagi logaritma Google terus berubah, dan kamu butuh smart untuk terus dapat mengikutinya.

Nggak berarti nggak boleh mengharap hasil dari nge-blog, tapi siapkan diri, jika yang kamu harapkan tidak segera bisa kamu dapatkan.

See you, have fun and keep blogging, yach!

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogging Corner. Karena banyaknya komentar spam, untuk sementara waktu, komentar hanya terbuka untuk anggota blog saja, ya.
Pertanyaan atau diskusi terkait artikel silahkan hubungi rahayupawitri@gmail.com. Terima kasih

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.